Hanantadk

Android Studio Gradle Sync Failed

Beberapa hari yang lalu ketika membuka salah satu project hasil downloadan menggunakan android studio versi 2.1.1, tiba-tiba muncul log/pesan error Gradle sync faliled, cause=13, permission denied seperti gambar di atas.

Error tersebut selalu muncul meskipun sudahh di clean project, rebuild project, run project, atau invalidate and clear cache. Awalnya project masih bisa dijalankan tetapi perubahan yang dilakukan pada program tidak dieksekusi pada apk yang di deploy. Kemudian saya cek semua permission dari folder project hingga permission android sdk hasilnya sudah diizinkan, hapus folder build dan gradle di project hasilnya sama saja. Buka project lain ada yang bisa dan ada yang tidak. setelah saya cek yang bisa berjalan lancar adalah project dengan buildToolsVersion selain 23.0.2, karena buildToolsVersion pada project downloadan tadi (yang bikin gradle crash) menggunakan versi 23.0.2.

Setelah beberapa lama, saya beralih ke android studi versi 1.4 yang belum saya hapus (untung belum kehapus), ternyata lancar jaya tanpa ada error permission denied, gradle sync lancar. Karena penasaran saya buka lagi dengan android versi 2.1.1 dengan harapan bisa jalan, ternyata masih sama aja. Setelah browsing2 dan tanya2, akhirnyaaa ketemu solusinya. Berikut solusinya :

SOLUSI :

  1. Awali dengan berdoa
  2. Close Android Studio
  3. Buka direktori home user contoh : ./home/user/ (untuk linux) atau C:\users\nama_user (untuk windows).
  4. Cari folder dengan nama .androidstudio2.1 (sesuai dengan android studio yang error tadi biasanya folder ini ke hidden)
  5. Hapus folder tersebut
  6. Buka android studio versi 2.1.1, maka akan tampil dialog untuk mengimport settingan android studio
  7. Pilih import from previous setting
  8. Buka project yang tidak bisa dibuka tadi, maka gradle akan melakukan sinkronisasi dengan lancar
  9. Tersenyumlah dan Akhiri dengan bersyukur kepada Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *